1

Danau Kalimutu

Pesona Indah di Gunung Kalimutu NTT dan Salah Satu Gunung Api Terindah Di Indonesia

Gunung Kelimutu adalah gunung berapi yang terletak di Pulau Flores, Provinsi NTT, Indonesia. Lokasi gunung ini tepatnya di Desa Pemo, Kecamatan Kelimutu, Kabupaten Ende.

Pesona alam yang paling dikenal di Gunung Kelimutu ini adalah adanya Danau yang memiliki tiga warna berbeda yang terletah di ketinggian 1.631 Mdpl. Danau ini bisa berubah warna seiring berjalanya waktu.

Nama kelimutu ini sendiri berasal dari kata ‘keli’ atau gunung dan ‘mutu’ atau disebut juga mendidih. Menurut kepercayaan warna dari danau tiga warna ini memiliki arti masing-masing dan kekuatan ang berbeda-beda, serta menyimpan kekuatan alam yang besar.

Keunikan danau yang juga disebut Tiwu Kelimutu ini adalah warnanya yang sering berubah-ubah. Tiap warna danau ternyata mempunyai makna tersendiri. Misalnya, danau biru atau Tiwu Nuwa Muri Koo Fai, merupakan tempat berkumpulnya jiwa-jiwa muda-mudi yang telah meninggal.

Lalu, ada danau merah atau Tiwu Ata Polo, merupakan tempat berkumpulnya jiwa-jiwa yang telah meninggal dan selama ia hidup selalu melakukan kejahatan. Sedangkan danau putih atau Tiwu Ata Mbupu, adalah tempat berkumpulnya jiwa-jiwa orang tua yang telah meninggal.

Masyarakat sekitar percaya bila danau berubah warna, mereka harus memberikan sesajen bagi arwah orang-orang yang telah meninggal.

Danau ini bisa berubah kapan saja tanpa bisa diprediksi. Menurut data dari Balai Taman Nasional Kelimutu, dikutip Tempo, 1915-2011, Ata Polo mengalami 44 kali perubahan warna, Nua Muri Koo Fai berubah warna 25 kali, dan Ata Mbupu 16 kali bersalin warna. Tak ada jadwal dan pola perubahan yang pasti.

2

Uang 5000 Rupiah Tahun 1992

Tidak hanya danau tiga warna yang jadi kebanggan masyarakat Gunung Kelimutu ini, masih ada berbagai pesona flora dan fauna khas daerah seperti pinus, cemara, kayu merah serta edelweis. Sedangkan untuk fauna seperti rusa, elang, ayam hutan serta yang lainya.
Untuk kamu pecinta olahraga treking di Gunung Kelimutu ini bisa sangat mengasikkan dan tentunya akan memacu adrenalin untuk sampai ke danau tiga warna yang ada di Gunung Kelimutu ini.
Untuk fasilitasnya sendiri bisa dibilang bagus, karena disekitar Danau ini sudah terdapat pondok yang bisa digunakan untuk sekedar berteduh. selain itu juga terdapat toilet dan bahkan sudah ada losmen khusus untuk para wisatawan yang ingin menginap.
3

Gambar Danau Kalimutu Dari Tempat Peristirahatan

Untuk kamu yang ingin berwisata ke Gunung Kelimutu ini disarankan pada bulan Juli atau Agustus, karena pada saat itu Gunung Kelimutu ini akan menampakkan keindahan sesungguhnya.
Untuk sampai ke Gunung Kelimutu, Anda bisa mulai perjalanan dari Bandara H. Hasan Aroeboesman di Kabupaten Ende, lalu Anda bisa menyewa kendaraan ke Desa Moni yang berada di kaki Gunung Kelimutu dengan jarak perjalanan sekitar 65 Kilometer dari bandara.
gambar-danau-kelimutu-300x160

Gunung Kalimutu Tampak Dari Atas.