000

Rumah Gadang

 

Minangkabau selalu dipuja keindahan alamnya oleh pengunjung yang datang ke Ranah Minang, semua mengatakan alam Sumatera Barat ini sangat Indah. Sebenarnya benar seperti apa yang dikatakan pengunjung tersebut, dimana -mana terlihat pemandangan alam yang luar biasa indahnya dan sejarahnya yang menarik.
lubuak-bulan

Ini adalah Air terjun yang tidak diketahui kemana aliran air selepas jatuh dari ketinggian? Percayalah, ini bukanlah mengada-ada.

Bila anda tidak percaya, angkat ransel, bawa bekal secukupnya, mari seharian kita datangi anugerah Tuhan pada alam yang terletak di belantara hutan Jorong Kototinggi Kubang Balambak, Kenagarian Simpang Kapuak, Kecamatan Mungka, Limapuluh Kota ini.

Bukankah mengagumkan, berikut ini akan saya tuliskan beberapa tempat untuk Menikmati Keindahan Di Minangkabau :

 

01

Jembatan Akar – Pesisir Selatan

Lensajelajah.com – Bukan dari besi atau kayu, jembatan di Sumatera Barat ini terbuat dari akar. Membentang 25 meter di atas sungai dan usianya 100 tahun, unik!

Inilah Jembatan Akar, salah satu jembatan yang layak masuk dalam daftar jembatan unik di Indonesia. Keunikannya, jembatan ini terbentuk dari akar dua pohon yang bentuknya menyatu dan menjadi jembatan untuk menyebrang sungai.

 

maninjau1

Danau Maninjau

Danau Maninjau adalah sebuah danau di kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, provinsi Sumatera Barat, Indonesia. Danau ini terletak sekitar 140 kilometer sebelah utara Kota Padang, ibukota Sumatera Barat, 36 kilometer dari Bukittinggi, 27 kilometer dari Lubuk Basung, ibukota Kabupaten Agam.

Danau ini tercatat sebagai danau terluas kesebelas di Indonesia. Sedangkan di Sumatera Barat, Maninjau merupakan danau terluas kedua setelah Danau Singkarak yang memiliki luas 129,69 km² yang berada di dua kabupaten yaitu Kabupaten Tanah Datar dan Kabupaten Solok. Di sekitar Danau Maninjau terdapat fasilitas wisata, seperti Hotel(Maninjau Indah Hotel, Pasir Panjang Permai) serta penginapan dan restoran.

 

KONICA MINOLTA DIGITAL CAMERA

Pantai Air Manih/Batu Malin Kundang – Padang

Keberadaan Batu Malin Kundang ini sangat menarik perhatian para wisatawan. Bentuknya yang menyerupai manusia ini sangat membuat banyak orang penasaran ingin melihatnya. Dan untuk mengunjungi Batu Malin Kundang ini tentunya tujuan utamanya adalah Pantai Air Manis. Pantai dengan pasir yang berwarna putih kecoklatan ini apabila air lautnya pasang naik, maka ombaknya akan menghempas batu tersebut dan bahkan dapat menutup Batu Malin Kundang ketika air laut pasang besar, maka batu-batu itu akan menyerupai dinding kapal yang sudah pecah, pastinya akan sangat terlihat indah.

Pantai Air Manis Padang Tidak hanya itu, jika air laut sedang surut, Anda pun bisa berjalan sejenak ke Pulau Pisang, sebuah pulau kecil dengan luas sekitar 1 Hektar yang terletak tidak jauh dari tepian Pantai Air Manis. Perjalanan menuju pulau tersebut dapat ditempuh dengan berjalan kaki saja. Pulau ini dapat dijadikan sebagai tempat peristirahatan sementara sambil menyantap bekal makanan yang Anda bawa. Namun perlu diingat, Anda tidak bisa berlama-lama berada di Pulau Pisang ini karena beberapa jam kemudian air laut akan berangsur-angsur naik, sehingga Anda tidak dapat lagi kembali ke tepian Pantai. Seperti pantai-pantai lain, Pantai Air Manis juga bisa dijadikan tempat berselancar karena ombaknya cukup stabil. Kawasan Pantai Air Manis ini sering dijadikan para muda-mudi untuk tempat berkemah bersama. Untuk urusan kuliner Anda tidak perlu cemas karena lidah akan dimanjakan dengan berbagai masakan khas Padang.

 

pemandangan-danau-kembar-dari-atas

Pemandangan Danau Kembar Dari Atas

Dijuluki sebagai Danau Kembar. Kenapa demikian? Ini dikarenakan kedua danau tersebut memiliki luas yang hampir sama (tapi lebih luas Danau Diatas) dan letaknya pun sangat berdekatan.

Pemandangan Danau Kembar Dari Atas, Kedua danau tersebut juga diberi nama Danau Diatas dan Danau Dibawah ini berdasarkan letak tinggi masing-masing danau yang berbeda. Nah, pasti anda mengira Danau Diatas letaknya lebih tinggi daripada Danau Dibawah. Dugaan anda salah, ini yang membuat unik penamaan kedua danau tersebut, karena sebenarnya danau yang lebih tinggi justru diberi nama Danau Dibawah, begitu juga sebaliknya. Jarak kedua danau ini hanya 300 meter saja, sangat dekat. Jika kedua danau tersebut dilihat dari atas, maka akan terlihat dua buah danau mirip dengan warna air biru, seakan-akan berpasangan, jadi tak heran jika kedua danau tersebut dijuluki Danau Kembar.

Danau Kembar dan Perkebunan di Sekitar, jika dilihat dari kejauahan, pemandangan Danau Kembar ini sungguh mengagumkan, terlihat hijau dan asri. Ini dikarenakan di sekitar Danau Kembar dimanfaatkan oleh penduduk untuk perkebunan. Penduduk sekitar danau banyak yang bercocok tanam dengan menanam sayuran seperti wortel, kol, kayu manis, dan lainnya. Di sekitar Danau Kembar ini anda juga bisa menemukan perkebunan teh dan perkebunan markisa.

 

Tentunya bukan hanya itu saja tempat-tempat yang ada di Minangkabau. Bagaimana?, wisata yang ada di minangkabau,Padang ini sungguh menarik bukan?, dan sangat sayang untuk dilewatkan. Segeralah ambil tas, dan perlengkapan untuk menjelajahi wisata yang ada di Minangkabau,Padang ini…